SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

Pemprov DKI Tambah Jumlah Lokasi, Variasi Produk, dan Mitra untuk Sukseskan Sembako Murah

Kamis, 28 Maret 2024 11:52

Jakarta Utara -
Pada pertengahan bulan Ramadan 1445 Hijriah, Pemprov DKI Jakarta melanjutkan program Sembako Murah untuk warga memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kali ini, Sembako Murah diadakan di Depo LRT, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis (28/3).

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pelaksanaan program Sembako Murah didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim. Dalam tinjauan tersebut, Pj. Gubernur Heru mengapresiasi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan LRT Jakarta sebagai mitra yang mendukung penyediaan bahan pangan kali ini, serta Bank Indonesia Perwakilan Jakarta yang turut memberikan dukungan berupa fasilitasi penyelenggaraan kegiatan dan distribusi pangan.

"Alhamdulillah, kegiatan Sembako Murah di Depo LRT ini disambut antusias oleh warga yang datang. Di sini tersedia 3.000 paket sembako, yang terdiri dari paket sembako reguler dan paket sembako plus yang mendapatkan tambahan daging sapi sebagai sumber protein hewani," ujar Pj. Gubernur Heru.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta terus berupaya melakukan inovasi dan perbaikan dalam program Sembako Murah. Pemprov DKI Jakarta akan menambah lokasi, variasi produk, dan mitra dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Jadi, hal pertama yang akan kami lakukan adalah pemanfaatan aset-aset Pemprov DKI Jakarta sebagai lokasi distribusi pangan, sehingga mudah dijangkau masyarakat dan dapat dikondisikan dengan baik untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Kemudian, juga ada penambahan jenis pangan yang tersedia baik dalam bentuk paket maupun eceran. Setelah itu, kita mengadakan perluasan mitra pendukung, sehingga paket sembako yang tersedia semakin bertambah," jelas Pj. Gubernur Heru.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati memaparkan, dalam pelaksanaan program Sembako Murah, Perumda Pasar Jaya dan Perumda Dharma Jaya turut menyediakan bahan pangan dalam bentuk eceran dengan harga di bawah pasar. Pangan yang tersedia dalam bentuk eceran yakni pangan asal hewan (telur ayam, daging ayam, daging sapi, daging slice cumi, ikan dori, dan lain-lain) dan pangan kebutuhan lebaran (sirup, biskuit, kacang kupas, cabai, serta bawang merah).

Ia pun mengungkapkan, kondisi harga pangan di Jakarta memang terpantau sedang mengalami kenaikan di beberapa komoditas, seperti beras, telur ayam, daging ayam, dan gula pasir. Namun, kenaikan harga tersebut dinilai masih dalam kondisi wajar, mengingat menjelang Hari Raya Idulfitri kerap terjadi kenaikan permintaan di pasar.

"Kondisi ketersediaan pangan di Jakarta dalam kondisi cukup, sehingga warga tidak perlu melakukan panic buying. Warga cukup membeli bahan pangan sesuai dengan kebutuhannya, karena ketersediaan pangan kita terpenuhi. Lalu, kita juga melakukan survei lapangan, ternyata warga juga menginginkan berbagai retail turut menyediakan stok murah, selain yang ada di Dharma Jaya dan Pasar Jaya," ujar Suharini.

Sementara itu, Sumi (40), warga Kelapa Gading, Jakarta Utara, sangat antusias dengan adanya kegiatan Sembako Murah di Depo LRT Jakarta. Menurutnya, di samping meringankan beban biaya kebutuhan sehari-hari, juga bisa memberikan kesempatan keluarganya untuk mendapatkan gizi yang cukup.

"Alhamdulillah, senang sekali bisa mendapatkan sembako dengan harga murah. Keluarga di rumah sangat senang kalau kebutuhan bahan pokok bisa terpenuhi dan nutrisi anak-anak terjaga, terutama menjelang Lebaran harga pasti naik. Dengan adanya program ini, bisa meringankan beban kami," pungkas Sumi.
 
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Kehutanan, Pertanian & Ketahanan Pangan,sembako murah
Download