SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

PEMPROV DKI GELAR RANGKAIAN PERAYAAN NATAL SECARA SEDERHANA DI MASA PANDEMI

Selasa, 22 Desember 2020

Balaikota Jakarta -
Bulan Desember selalu disambut dengan suka cita oleh sebagian masyarakat Jakarta yang merayakan Hari Natal. Seperti diketahui, di kota ini melebur dan berbaur berbagai macam suku, ras, budaya dan agama sehingga menjadikan kota Jakarta sebagai kota yang terbuka bagi kegiatan perayaan keagamaan.

Namun, perayaan tersebut tentu harus dilaksanakan secara berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, mengingat pandemi COVID-19 masih melanda di Ibu Kota. Di masa seperti ini, setiap aktivitas masyarakat harus dibarengi dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Zein, menyampaikan, pada perayaan Natal tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan rangkaian kegiatan perayaan Natal bertajuk Christmas in Jakarta #2020 secara sederhana, dengan mengangkat tema ‘Semangat Perayaan Natal dengan Kesederhanaan dan Solidaritas’.

“Dalam melaksanakan rangkaian perayaan Natal tahun ini, kami berkolaborasi dengan komunitas dan warga. Meskipun tidak semeriah tahun lalu dan dilakukan secara daring, kami berharap perayaan ini tetap menghadirkan suka cita di tengah kita semua. Pesan yang selalu kami tekankan adalah Jakarta ini milik semua. Seperti sebelum-sebelumnya, kami mendukung event keagamaan, yang menandakan bahwa Jakarta adalah kota yang berkeadilan sosial,” ungkapnya.

Adapun rangkaian perayaan Natal di Provinsi DKI Jakarta sebagai berikut:
1.    Penayangan video  “Teaser Christmas in Jakarta” pada videotron milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan swasta mulai tanggal 20 - 23 Desember 2020.
2.    Pemasangan pohon Natal setinggi ± 12 meter dengan lampu 3 dimensi di Thamrin 10 (Christmas Tree at Thamrin 10) mulai tanggal 23  Desember 2020 sampai dengan 1 Januari 2021.
3.    Penyelenggaraan Natal secara virtual (Virtual Christmas in Jakarta) berupa pesan Natal dari Bapak Gubernur, Bapak Kardinal dan Bapak Pendeta serta penampilan carol secara virtual dari 7 titik yang akan ditayangkan pada tanggal 23 Desember 2020 di channel Youtube milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pertunjukan ini melibatkan berbagai komunitas, di antaranya Achtology Beatbox Jakarta (taping di Tunnel Seaworld, Ancol), Blue Notes (taping di Pedestrian Bundaran HI), Graz Suwu - Komunitas Ukuiki (taping di Taman Sumenep), Service Choir (taping di Velodrome, berkolaborasi dengan para atlet dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta), Arca Youth Chamber (taping di LRT, dalam keadaan LRT tidak beroperasi di Depo) dan Svarakanca (taping di GPIB Immanuel). Acara ini juga akan menampilkan penampilan khusus dari Veronica Tan bersama Soundkestra di Plaza Kota Tua, Taman Museum Fatahillah. Semua proses pelaksanaan taping dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan cermat untuk memastikan semua kru maupun pengisi acara berada dalam kondisi yang aman dan nyaman.

Gelaran Christmas in Jakarta #2020 merupakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Experience Board, dan Pasar Jaya, yang juga didukung oleh para kolaborator, di antaranya Dharma Jaya dan Sarana Jaya. Acara ini juga tidak akan terselenggara dengan baik tanpa kerja sama Seaworld - Ancol, Jakarta Propertindo, LRT Jakarta, Teman Taman Jakarta dan GBIP Immanuel. Diharapkan acara Christmas in Jakarta #2020 dapat menyampaikan makna kehangatan dan semangat kebersamaan dari sebuah perayaan natal.

Untuk memberikan kemudahan, kelancaran dan mematuhi protokol kesehatan, Pemprov DKI Jakarta menerbitkan Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 117 Tahun 2020 tentang Dukungan Rangkaian Kegiatan Perayaan Natal Tahun 2020 Selama PSBB Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif dengan melibatkan 15 SKPD, 5 BUMD dan para kolaborator.
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Keagamaan
Download 
Foto Kosong