SIARAN PERS
WILAYAH KOTA JAKARTA PUSAT
(Press Release)

Pemkot Jakpus Gelar Pengawasan Makanan di Pasar Takjil Benhil

Rabu, 20 Maret 2024 16:23

Pasar Takjil Benhil -

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) DKI Jakarta memonitor pengendalian dan pengawasan aneka makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Wakil Wali Kota (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir bersama Kepala BBPOM Sofiani Chandrawati Anwar, berkeliling ke lapak-lapak pedagang. Mereka pun mengamati beberapa kue-kue khas berbuka puasa, sambil berbincang ke penjualnya dan menanyakan bahan dasar yang dipakai oleh pedagang dalam pembuatan takjil.

Chaidir mengatakan, keberadaan Pasar Takjil Benhil pasca-COVID 19 semakin dikenal dan saat ini sudah beroperasi maksimal. Alhasil setiap menjelang berbuka puasa, Pasar Takjil Benhil kerap dipadati warga. Untuk itu, dilakukan pengawasan makanan dalam memberikan keamanan bagi masyarakat.

"Pengawasan makanan ini bertujuan memberikan keamanan dan kenikmatan masyarakat yang berbelanja takjil, serta menghindari terjadi kontaminasi makanan tercemar dari segi kebersihan, zat pewarna atau campuran zat kimia pengawet lain kepada masyarakat ataupun konsumen," katanya.

Chaidir menuturkan, selain Pasar Takjil Benhil pengawasan juga dilakukan di Kedai Swadarma dan ke depannya akan dilakukan pengawasan di tempat-tempat sentra takjil lainnya.

"Kita akan meminta jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kekuatan dan Pertanian (KPKP) serta Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat serta BPOM untuk melakukan pengawasan dan pembinaan lebih lanjut," tandasnya.

Suku Dinas Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Pusat
Twitter
:
Topik : Pengawasan Makanan
Download