SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

Tumbuhkan Budaya Membaca dari Lingkup Keluarga, Dispusip DKI Gelar IKRA Triwulan II

Rabu, 31 Mei 2023 15:10

Jakarta -
Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta kembali menyelenggarakan kegiatan literasi Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) pada triwulan II periode Mei hingga Juni 2023. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program literasi pada triwulan I periode April hingga Mei 2023. 

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah menyatakan, sebanyak 5.335 keluarga di Jakarta tercatat berpartisipasi mengikuti kegiatan IKRA. Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi bersama unsur-unsur terkait seperti kecamatan, kelurahan, dan PKK wilayah DKI Jakarta dalam mendistribusikan buku bacaan kepada masyarakat (keluarga).

"Harapannya, melalui kegiatan IKRA triwulan II ini semangat dan antusiasme masyarakat semakin meningkat hingga dapat menyasar lebih banyak masyarakat, khususnya keluarga. Hal itu juga ditujukan agar membaca dijadikan budaya yang memberikan manfaat," ujar Firmansyah di Jakarta, Rabu (31/05).

Lebih lanjut, Firmansyah menjelaskan, bahan bacaan yang disediakan pada kegiatan IKRA sangat bervariasi, antara lain buku cerita atau dongeng untuk anak, serta buku pengetahuan dan keterampilan untuk orang tua. Bahan bacaan tersebut dipinjamkan selama 14 (empat belas) hari atau lebih. Pada rentang waktu tersebut, peserta dapat memanfaatkannya melalui kegiatan membaca dan meringkas bahan bacaan bersama keluarga. Setelah itu, peserta dapat mempublikasikan hasil membaca dan meringkas di akun media sosial masing-masing peserta dalam bentuk foto dan video.

"Kegiatan membaca dan menulis ringkasan bahan bacaan tersebut diharapkan membuat peserta tidak hanya memahami isi bahan bacaan, namun juga memperoleh ide atau gagasan yang inovatif sehingga menghasilkan karya yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat," imbuh Firmansyah. 

Sebagai bentuk apresiasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta memberikan e-sertifikat kepada seluruh peserta IKRA dan lima peserta terbaik, serta memperoleh hadiah menarik yang disediakan oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi. Hal itu ditujukan untuk mendorong minat baca masyarakat serta mewujudkan budaya membaca bagi semua kalangan.
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Pendidikan
Download