SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

RESMIKAN GAPURA CHINATOWN JAKARTA, GUBERNUR ANIES APRESIASI PERHIMPUNAN INTI HADIRKAN SIMBOL PERSATUAN DAN KESETARAAN

Kamis, 30 Juni 2022

Jakarta Barat -

Jakarta kini memiliki ikon kota baru. Setelah pembangunannya diinisiasi pada tahun 2018, Gapura Chinatown Jakarta di kawasan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat akhirnya kembali berdiri kokoh. Mulanya, bangunan gapura di kawasan ini ada sejak abad ke-18. Lalu, pada masa kependudukan Jepang, gapura yang asli dihancurkan. Hari ini, Kamis (30/6), akhirnya gapura tersebut kembali berdiri kokoh dan menjadi ikon baru di Jakarta.

Pada momen bersejarah tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown Jakarta dengan menarik tirai prasasti secara simbolis. Gubernur Anies berharap, ikon ini dapat menjadi salah satu simbol persatuan dan kesetaraan warga di Jakarta. 

"Peresmian ini menjadi pengingat kita bersama bahwa keberagaman yang ada di sekitar kita adalah karunia dari Yang Maha Kuasa, sedangkan persatuan adalah ikhtiar kita bersama. Hal ini harus kita rawat bersama-sama. Lalu, gapura yang sempat kami bahas pada 2018, sekarang sudah berdiri tegak. Semoga ini juga menjadi penanda bahwa Kota ini penuh dengan sejarah, serta kesetaraan akan hadir untuk semuanya," ujar  Gubernur Anies.

Gubernur Anies juga memuji konsep rancangan Gapura Chinatown Jakarta ini karena dinilai unik dari Gapura Chinatown yang ada di belahan dunia manapun. Bangunan ini bertekstur dari unsur batu (berwarna abu-abu), coklat genteng, serta unsur warna hijau perpaduan budaya Betawi, dengan tulisan berwarna coklat kayu. 

"Bisa kita lihat keunikannya, di sini terlihat tidak ada unsur warna merah atau kuning seperti gapura-gapura kawasan Pecinan pada umumnya. Itulah pembeda utama Gapura Chinatown Jakarta dengan gapura-gapura pada umumnya. Di sini terlihat ukiran naga dan unsur awan yang dominan pada gapura, melambangkan kemakmuran dan perlindungan dari Sang Maha Pencipta," jelas Gubernur Anies.

Di samping itu, Gubernur Anies juga mengapresasi Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) atas kolaborasi dalam merealisasikan proses pembangunan Gapura Chinatown Jakarta. 

"Rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi juga ingin kami sampaikan kepada saudara- saudara kita dari Perhimpunan INTI, atas semua peran yang sudah diberikan untuk pembangunan kota ini. Sebab, tanpa kolaborasi ini, tentu Jakarta akan terasa berat untuk menjadi kawasan yang menghadirkan kesetaraan. Selain itu juga, kami mengapresasi peran Dinas Kebudayaan, sehingga kiranya akan semakin mengembangkan daya tarik kawasan Pecinan sebagai salah satu obyek wisata di Jakarta," ungkap Gubernur Anies.

"Semoga melalui pembangunan ini, tidak hanya akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk semakin menarik wisatawan, tetapi juga sebagai pengingat dalam merawat nilai-nilai tradisi yang telah diwariskan kepada kita," imbuhnya.

Perlu diketahui, peresmian Gapura Chinatown Jakarta ini juga dihadiri oleh Pembina Perhimpunan INTI, Bambang Sunarko, Ketum Perhimpunan INTI, Teddy Sugianto beserta jajaran, Tokoh INTI, Jusuf Hamka, Anggota DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino dan Jupiter, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, serta Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko beserta jajaran.

Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Pariwisata & Kebudayaan
Download