SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

GUBERNUR ANIES APRESIASI PENGELOLA MASJID ISTIQLAL TIDAK FASILITASI IBADAH SALAT IDULFITRI UNTUK UMUM

Selasa, 11 Mei 2021

Balaikota Jakarta -
Masjid Istiqlal tahun ini kembali tidak merencanakan pelaksanaan ibadah salat Idulfitri 1442 Hijriah secara terbatas, setelah mengambil pertimbangan bahwa  penularan COVID-19 masih menjadi fokus perhatian. Di samping itu, keputusan tersebut diambil setelah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy, mengarahkan agar salat Idulfitri di Istiqlal dibatalkan.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengapresiasi langkah yang dilakukan pengelola Masjid Istiqlal tersebut, karena sebelumnya seluruh Kepala Daerah Jabodetabek-Cianjur sepakat untuk menganjurkan ibadah salat Idulfitri di rumah atau di halaman. Bahkan, jika keduanya tidak memungkinkan, maka bisa dilaksanakan di masjid setempat dengan penerapan protokol kesehatan.

"Saya ingin sampaikan apresiasi kepada pengelola Masjid Istiqlal karena tidak mengadakan ibadah salat Idulfitri terbuka untuk umum. Sehingga, ini menjadi contoh bagi yang lain, anjuran kami adalah untuk masyarakat sholat di masjid di sekitar rumahnya," ujar Gubernur Anies, di Pendopo Balai Kota Jakarta, pada Selasa (11/5).

Gubernur Anies pun menilai, jika Masjid Istiqlal tetap mengadakan ibadah salat, maka potensi jamaah yang mendatangi lokasi tersebut akan berasal dari tempat jauh, karena tempatnya di daerah perkantoran dan fasilitas umum.

"Jadi, ketika Masjid Istiqlal sejalan dengan kebijakan Pemprov, kami sampaikan apresiasi dan berharap ini menjadi contoh, yakni contoh bagi masjid-masjid raya yang lain bahwa kita memprioritaskan warga yang salat Id di dekat rumahnya, di kampungnya, maka jangan bepergian jauh," jelas Gubernur Anies.

"Jadi, masyarakat jangan bepergian, bagi para pengelola masjid raya juga diharapkan tidak secara khusus menyelenggarakan secara besar, yang berpotensi penularan. Karena itu, sikap Masjid Istiqlal untuk meniadakan salat Idulfitri kami apresiasi," pungkas Gubernur Anies.
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Keagamaan
Download