SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

JAKARTA YOUTH CHOIR RAIH JUARA DI CONSORCO CORALE INTERNAZIONALE ROMA 2020

Selasa, 22 Desember 2020

JAKARTA -
Tim paduan suara binaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Youth Choir (JYC) meraih prestasi gemilang pada ajang Consorco Corale Internazionale Roma 2020. Ajang tersebut berlangsung secara virtual dalam tayangan langsung dari Roma, Italia, pada 19-20 Desember 2020.

Tim paduan suara JYC berhasil memenangi Grand Prix, sekaligus menjadi juara dalam 4 kategori dari 6 kategori yang diikuti. Sementara pada 2 kategori lainnya, tim JYC berhasil keluar sebagai Runner Up dan 2nd Runner Up.
 
Kadispora Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih Jakarta Youth Choir. "Prestasi tersebut bisa menjadi salah satu semangat dan teladan bagi anak-anak muda Jakarta untuk terus kreatif dan berprestasi di tengah situasi Pandemi," terang Achmad Firdaus.

Sementara, Founder dan Pembina JYC yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda Dispora Provinsi DKI Jakarta, Ponirin Ariadi Limbong mengatakan, kompetisi virtual tersebut diikuti oleh 40 paduan suara dari 14 negara yakni, Italia, Rusia, Polandia, Hungaria,Colombia, Kuba, Ukrania, Belarus,Perancis, Belgia, Jerman, Bulgaria, Slovakia dan Indonesia.

“Pada tahun 2020 ini, seharusnya JYC diundang mengikuti World Choir Games di Belgia, namun dikarenakan pandemi, kompetisi tertinggi paduan suara dunia tersebut akan diundur di tahun 2021. Dan penundaan serta pandemi ini tidak menyurutkan JYC untuk terus berkarya dan memenangi Kompetisi paduan suara yang bergengsi ini”. ujar Ponirin.

Medali emas dari 4 kategori yang dilombakan dalam Consorco Corale Internazionale Roma 2020 yakni, Kategori Tradizional Music, Choreographic Folklore, Polyphonic, Music Male Choir dan Pop-Modern-World Fussion. Prestasi tersebut juga disempurnakan dengan meraih Kategori utama, yaitu Grand Prix Winner dengan nilai 29,5 dari nilai 30.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan turut mengapresiasi capaian luar biasa yang berhasil diraih tim JYC di tengah pandemi. Gubernur Anies berkomitmen untuk terus mendukung langkah tim paduan suara tersebut untuk terus berkembang.

"Tentu ada kesulitan tersendiri, terlebih dunia sedang menghadapi pandemi. Namun pandemi tidak menyurutkan semangat tim JYC untuk berupaya menjadi yang terbaik. Alhamdulillah, hasilnya seluruh delegasi JYC telah memukau dunia. Ini adalah bukti kerja keras, kolaborasi pemuda-pemudi berprestasi di Jakarta. Kami akan terus mendukung JYC untuk meraih puncak-puncak baru. Semoga JYC terus menjadi tamu yang memesona di negeri orang dan tuan rumah yang hebat di negeri sendiri," ujar Gubernur Anies.

Penghargaan diserahkan secara Simbolis dan Virtual oleh Panitia Chorus Inside International kepada Septo Adi Kristianto Simanjuntak pada (20/12) petang waktu Roma. dalam Sambutannya, Septo menyampaikan kepada seluruh peserta pemuda dari 14 Negara bahwa kompetisi ini menjadi perjuangan dan kemenangan bersama dalam menghadapi Pandemi COVID 19 yang menjadi wabah di seluruh dunia.

Prestasi Jakarta Youth Choir dalam THE CONSORCO CORALE INTERNAZIONALE ROMA 2020, 19-20 Desember 2020 :
1. Category Winner of Tradizional Music
2. Category Winner of Choreographic Folklore
3. Category Winner of Polyphonic Music Male Choir
4. Category Winner of Pop-Modern-World Fussion
5. The 1st Runner Up of Polyphonic Music Youth Choir & Ensamble
6. The 2nd Runner Up of Polyphonic Music Mixed Choir & Ensamble
7. GRAND PRIX Winner Of Consorco Corale Internazionale Roma 2020.

Untuk diketahui, Jakarta Youth Choir merupakan Paduan suara binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta yang dilatih sekaligus di Konduktori oleh Septo Adi Kristanto Simanjuntak. JYC berdiri sejak tahun 2015 dan telah memiliki puluhan penghargaan Internasional dan Nasional.

Tahun 2020 merupakan tahun ketiga tim JYC meraih juara internasional. Pada 2019, enam penghargaan berhasil diraih melalui ajang The XXVII International Choir Festival and Competition of Sacred Music, 'Cantate Domino' 2019 yang berlangsung di Lithuania. Serta empat penghargaan juga diperoleh Jakarta Youth Choir dalam kejuaraan yang sangat prestisius  yakni, The XIV International Warsaw Choir Festival 2019 pada 21 Novemver 2019 di Polandia.

Sementara pada 2018, tim JYC berhasil meraih penghargaan pada ajang Oriental Choir Competition International di Singapura; Joy Dancing Beijing Festival di Tiongkok; serta Chorus Inside Advent International Choir Competition di Roma, Italia yang berhasil menjadi juara di semua kategori.
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Pariwisata & Kebudayaan
Download