SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

JDCN FORUM 2020 BERIKAN APRESIASI MELALUI +JAKARTA AWARD DAN JDCN LIFETIME ACHIEVEMENT AWARD

Jumat, 18 Desember 2020

Balaikota Jakarta -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) Forum 2020, 17-18 Desember 2020. JDCN Forum 2020 merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merangkum dan mewadahi kolaborasi setiap warga Jakarta. Pada agenda hari kedua, JDCN Forum 2020 menghadirkan forum diskusi pada sesi Diskusi Kebijakan dan Diskusi Pleno Internasional. JDCN Forum juga memberikan apresiasi bagi sosok maupun kelompok yang telah mengadakan kolaborasi dengan dampak signifikan melalui +Jakarta Award dan JDCN Lifetime Achievement Award. Diharapkan forum diskusi dan apresiasi yang diberikan semakin memotivasi masyarakat untuk bersama-sama memajukan Jakarta.

+Jakarta Award dan JDCN Lifetime Achievement Award merupakan penghargaan yang ditujukan untuk mengapresiasi dedikasi figur maupun institusi yang telah berkontribusi dalam upaya kolaborasi melalui sesi +Jakarta Award dan JDCN Lifetime Achievement Award. Penilaian dalam program penghargaan ini dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Masyarakat dapat memberikan rekomendasi finalis yang berhak untuk meraih penghargaan ini dengan mengunjungi poling di website Detik.com (kuantitatif) dan metode survey informasi yang akan dilakukan oleh jurnalis Detik.com (kualitatif).

Dalam +Jakarta Award akan ada lima kategori penilaian, dari lima kategori tersebut akan dipilih masing-masing satu figur atau kelompok yang terbaik dan otomatis masuk menjadi finalis pada Penghargaan Seumur Hidup JDCN (JDCN Lifetime Achievement Award). Untuk kategori Penghargaan Seumur Hidup JDCN, semua finalis akan dinilai berdasarkan kriteria komitmen sosok maupun lembaga tersebut dalam melakukan kolaborasi sepanjang hidupnya, memiliki karya nyata yang berdampak positif dari hasil kolaborasi yang dilakukan dan skala kolaborasi yang dilakukan, dimulai dari Kota Jakarta, lalu ke Nasional atau Luar negeri.

Adapun pemenang dari +Jakarta Award sore ini yaitu COVID-19 Collaborative Response dimenangkan oleh Tjandra Yoga Aditama, kategori, Equality and Empowerment dimenangkan oleh Franka Soeria, kategori Art and Culture dimenangkan oleh Nano Riantiarno, kategori Environmental Resilience dimenangkan oleh Erik Suhardi dan kategori Innovation and Technology yang dimenangkan oleh Onno W. Purbo. Sedangkan JDCN lifetime Achievement Award dimenangkan oleh Slamet Rahardjo, yang juga merupakan aktor senior Indonesia.

Ketua JDCN, Suharti berharap apresiasi yang diberikan kepada para pemenang menjadi inspirasi bagi para insan lainnya untuk terus menggiatkan kolaborasi. "Dengan demikian, dampak yang diberikan bagi kemajuan kota akan turut signifikan," terang Suharti.

Sebagaimana semangat yang dibangun, JDCN Forum 2020 merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak baik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, BUMD dan pihak swasta. JDCN Forum 2020 terselenggara dengan baik berkat kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board) dan PT Trans Digital Media serta didukung para kolaborator, diantaranya Bank DKI, Pasar Jaya, Sarana Jaya, MRT Jakarta, PAM Jaya, Food Station, PT. JIEP, Transjakarta, Jakarta Infrastruktur Propertindo, Dharma Jaya, Jamkrida, Jakpro Ancol, Gojek, Korn Ferry dan Intiland Development.

Diharapkan kolaborasi dapat berlanjut hingga tahun-tahun mendatang. Mengingat pentingnya JDCN Forum 2020, program ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Semoga JDCN Forum 2020 dapat menginisiasi dan menginspirasi kolaborasi-kolaborasi warga di masa depan sehingga tercipta kontribusi nyata bagi kemajuan kota Jakarta.

Tentang JDCN
Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam bentuk jejaring mitra pembangunan lokal dan internasional Jakarta untuk merumuskan dan mewujudkan solusi pembangunan kota melalui model kolaborasi yang berkelanjutan. JDCN memiliki tugas dan fungsi utama, yaitu menciptakan koherensi tujuan pembangunan, mempercepat pembangunan, memfasilitasi mitra pembangunan, menyusun rencana strategis, aksi dan kerja sama, dan monitoring serta evaluasi implementasi kolaborasi melalui pengembangan sistem digital. Melalui JDCN, diharapkan terciptanya sebuah forum kolaborasi dan platform digital kolaborasi yang dapat dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat untuk ikut membangun Jakarta sebagai kota kolaborasi.

Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Tasya Lovina  (081294677711/tasya@jxboard.co.id)
 
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Komunikasi dan Informasi
Download