SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

MANFAATKAN KAWASAN RTH, PEMPROV DKI DUKUNG KEGIATAN KETAHANAN PANGAN DI MAKOOPSAU I

Selasa, 24 November 2020

Jakarta Timur -
Pemprov DKI Jakarta kembali berkolaborasi bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya dengan Komando Operasi Angkatan Udara I (Koopsau I) terkait program untuk mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai lahan yang berketahanan pangan. Kolaborasi tersebut terwujud salah satunya melalui kegiatan penanaman 50 jenis bibit pohon di area lahan sekitar 20.000 hektar, serta penebaran 13.0000 bibit Ikan Nila (Merah dan Hitam) di area kolam seluas 800 meter².

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria hadir yang hadir dalam acara penanaman pohon dan penebaran benih ikan di Markas Koopsau I, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur tersebut disambut oleh Panglima Koopsau I (Pangkoopsau I), Marsekal Muda TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso.

Wagub Ariza mengatakan bibit pohon dan ikan tersebut merupakan pemberian Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Tentunya kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin di tengah masih berlangsungnya pandemi COVID-19. Selain itu juga meningkatkan rasa kecintaan kepada lingkungan yang asri, hijau dan udara yang sehat di wilayah Kota Jakarta," ujar Wagub Ariza pada Selasa (24/11).

Wagub Ariza juga menjelaskan kegiatan menjaga ketahanan pangan merupakan perilaku positif dalam mendukung keseimbangan dan kelestarian fungsi ekosistem, sebagai bagian dari kehidupan yang memberikan manfaat besar bagi kelangsungan hidup serta hasilnya akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut memiliki arti penting dalam upaya menumbuhkan dan meningkatkan kualitas, serta kuantitas ruang terbuka hijau di Jakarta, terutama dalam menghadapi fenomena alam pemanasan global.

"Memperhatikan kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya memperbaiki kualitas lingkungan dan ketersediaan air tanah. Berbagai cara dikembangkan antara lain melaksanakan pembangunan berbasis lingkungan, perluasan RTH, memfungsikan sempadan sungai dan sempadan pantai menjadi kawasan perlindungan kota, memperbaiki, memperluas dan menambah situ/danau yang mengalami pendangkalan, serta ditingkatkannya pembuatan sumur-sumur resapan (biopori). Terlebih lagi dalam mengantisipasi terjadinya banjir dan persediaan air baku," tambah Wagub Ariza.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diawali dengan senam bersama dan diakhiri dengan peresmian "Saung Inspirasi" yang terbuat dari bahan perahu nelayan bekas dan dimanfaatkan sebagai tempat interaksi di kawasan Makoopsau I tersebut. Terkait hal tersebut, Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI, Ir. Tri Bowo Budi Santoso menambahkan Saung Inspirasi berguna sebagai sarana membahas masalah lingkungan, meningkatkan silaturahmi, komunikasi dan intensitas pertemuan antar warga. Tentunya fasilitas ini juga mendukung penerapan aturan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

"Kita sebelumnya mengapresasi Pemprov DKI Jakarta yang telah membantu kami dalam mewujudkan upaya pembudidayaan ikan. Sehingga ke depan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di lingkungan ini. Sedangkan kegiatan penanaman berbagai jenis pohon, selain meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekitarnya dan menjadi bagian dari paru-paru Kota Jakarta, juga menambah banyaknya pohon buah-buahan produktif, mendatangkan burung-burung, serta meningkatkan kualitas tanah," pungkas Tri Bowo Budi Santoso.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat; Pelaksana Tugas (Plt) Kadis KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati bersama Kabid Pertanian Dinas KPKP, Mujiati, serta Kepala Staf Koopsau I, Marsekal Pertama TNI Ir. Tedy Rizalihadi S.
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Kelautan, Perikanan & Peternakan,Lingkungan Hidup
Download