SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

SEREMONI PENGHUNIAN DP NOL, PEMPROV DKI KOLABORASI PERUMNAS HADIRKAN 2 LOKASI HUNIAN BARU

Sabtu, 07 November 2020

Balaikota Jakarta -
Sebagai wujud nyata atas komitmen dan keberpihakan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam pemenuhan kebutuhan pokok akan tempat tinggal, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan seremonial penghunian DP Nol (Non BUMD) secara virtual di Balai Kota Jakarta, pada Sabtu (7/11). Acara ditandai dengan penandatanganan akad kredit dan penyerahan kunci secara simbolis kepada perwakilan penerima manfaat.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang menyerahkan kunci secara simbolis dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang telah berhasil dilakukan bersama Perum Perumnas selaku pelaku pembangunan sebagai upaya perluasan cakupan dan layanan.

"Alhamdulillah, hari ini atas ikhtiar dan kerja kita bersama terdapat 2 lokasi tambahan Rusunami yang dapat mulai dihuni oleh para Penerima Manfaat Program DP Nol Rupiah, yaitu Bandar Kemayoran Jakarta Pusat sebanyak 30 unit dengan tipe 27 m2 dan Sentraland Cengkareng Jakarta Barat sebanyak 64 unit dengan tipe 22.3 m2," ucap Wagub Ariza.

Kedua hunian tersebut, dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memudahkan warga seperti rumah ibadah, balai warga dan fasilitas pendidikan untuk anak usia dini serta kelengkapan kemudahan akses bagi penghuni difabel dan lanjut usia (Lansia). Untuk fasilitas keamanan dilengkapi dengan berbagai fasilitas deteksi dan penanggulangan kebakaran. Lalu untuk memudahkan mobilitas penghuni, telah disediakan transportasi dari transjakarta berupa busway minitrans, transportasi terintegrasi Jak Lingko.

Untuk memastikan tersedianya fasilitas terbaik bagi calon penghuni, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan turut meninjau Rusunami Bandar Kemayoran dan bertemu langsung dengan calon penghuni.

"Alhamdulillah, tantangan kita salah satunya yang terbesar adalah tentang warga bisa mendapatkan perumahan tanpa dibebani dengan biaya uang muka. Dan Alhamdulillah sekarang Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Perumnas melalui program rumah DP nol rupiah. Ujungnya adalah bagaimana kita bisa membuat masyarakat mendapatkan hunian secara terjangkau dan layak, dan dalam jangka panjang secara bertahap kesejahteraannya meningkat," tegas Gubernur Anies dalam kunjungannya.

Ungkapan syukur turut disampaikan salah satu calon penghuni Rusunami Bandar Kemayoran, Lucky Yanuar Dwiyani (31 tahun). Lucky yang awalnya berniat mencari kontrakan, justru berhasil membeli rumah sendiri. Ia juga menyampaikan banyaknya fasilitas yang didapatkan pada hunian barunya tersebut.

"Saya bekerja sebagai tenaga honorer di Puskesmas kelurahan Pademangan 1, suami driver grab. Keuntungan di sini fasilitasnya ada ramah anak, ada play ground, ada masjid, kebetulan deket sekolah anak, deket tempat kerja. Karena deket, saya pakai sepeda ke tempat kerja," ungkap Lucky.

Di lokasi berbeda, Munawaroh 30 tahun mengungkapkan rasa syukurnya karena telah berhasil mendapatkan hunian di Sentraland Cengkareng. Munawaroh yang bekerja sebagai PJLP Pusdatin Jamsos dan suaminya sebagai driver ojek online mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini.

"Dengan adanya program Samawa (DP nol rupiah) ini, alhamdulillah sangat membantu saya untuk mempunyai hunian dengan situasi hunian yang nyaman, dekat dengan kerjaan. Proses pendaftarannya pun cepat dan mudah secara online. Dengan penghasilan saya yang sebagai honorer dan suami sebagai driver ojek online, cicilan di Sentraland Bunaken ini cukup terjangkau. Terima kasih untuk pak Gubernur, Perumnas, dan Bank DKI sudah mempermudah saya untuk mendapat hunian," terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi DKI Jakarta, Sarjoko melaporkan progres penghunian program DP nol rupiah Perum Perumnas per tanggal 6 November 2020. Total jumlah pendaftar saat ini mencapai 899 orang telah mendaftar secara online pada laman http://pendaftarandp0.jakarta.go.id. Kemudian akan dilakukan proses verifikasi agar para Calon Penerima Manfaat (CPM) dapat mendapatkan informasi memenuhi syarat atau tidak dalam waktu yang singkat.

"Untuk rusunami Bandar Kemayoran, jumlah pendaftar sebanyak 430 CPM, lolos verifikasi sebanyak 386 CPM, dan berproses di Bank DKI sebanyak 72 CPM, dan telah akad sebanyak 27 penerima manfaat. Sedangkan pada Sentraland Cengkareng, jumlah pendaftar sebanyak 484 CPM, lolos verifikasi sebanyak 454 CPM, dan berproses di Bank DKI sebanyak 73 CPM, dan telah akad sebanyak 22 penerima manfaat," terang Sarjoko.

Selain itu DPRKP juga memiliki sistem informasi bernama SIRUKIM yang berperan dalam pengelolaan data perumahan maupun dalam memberikan layanan pendaftaran kepada masyarakat atas kebutuhan rusunawa.

Perlu diketahui, sebelumnya program DP nol rupiah diawali dengan penghunian Nuansa Pondok Klapa yang dibangun oleh Perumda Sarana Jaya. Saat ini pendaftar sebanyak 24.422 orang. Yang sudah menyatakan lolos verifikasi sebanyak 16.730 CPM. Dan telah diundang untuk melakukan survei unit sebanyak 11.733 CPM. 950 CPM sedang dalam proses perbankan, dan telah akad saat ini sebanyak 481 penerima manfaat.
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Penataan Kota
Download