SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

SELESAI DIBANGUN, WAGUB ARIZA BERHARAP RESTORAN APUNG MUARA ANGKE TINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA SEKITAR

Minggu, 11 Oktober 2020

Jakarta Utara -
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria bersama Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengunjungi Pasar (Resto) Apung Muara Angke yang telah selesai dibangun. Dalam kesempatan tersebut, Wagub Ariza menyatakan dengan adanya Resto Apung dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung untuk menikmati sajian aneka kuliner ikan dan makanan laut.

"Insya Allah dalam waktu dekat akan beroperasi, yang selama ini ada 29 pedagang olahan ikan. Tempat kita makan ini selama ini di sini, yang memang enak, tapi terkendala tempatnya belum representatif. Ada asapnya banyak, kemudian bau ikan. Sekarang dengan adanya Resto Apung yang baru dibangun dan segera akan kita operasikan, semoga tidak hanya kualitasnya baik, rasanya enak, tapi juga kebersihannya terjaga, tidak ada asap dan tidak bau," terang Wagub Ariza pada Minggu malam (11/9).

Kemudian Wagub Ariza mengatakan bahwa Resto Apung dapat menjadi lokasi penunjang untuk meningkatkan aktivitas perekonomian, khususnya kesejahteraan nelayan di sekitar Muara Angke. "Mudah mudahan ini menambah pendapatan khususnya bagi UMKM dan pendapatan di sekitar pasar ikan tersebut," tambah Wagub Ariza.

Lebih lanjut, Wagub Ariza turut memperhatikan kondisi Pasar Grosir ikan yang berada di sekitar Resto Apung. Terdapat 360 pedagang yang masih menjalankan aktivitas perekonimian meskipun masih dalam suasana COVID-19. "Saya diinfokan bahwa omset mereka saat ini cukup baik, masyarakatnya sangat disiplin menerapkan protokol kesehatan," Wagub Ariza menambahkan.

Perlu diketahui, sejak 2014 Pasar Grosir Ikan tersebut telah diakui sebagai tempat pembelian hewan laut tanpa formalin. Hal inilah yang menurut Wagub Ariza harus terus ditingkatkan dalam menjaga kualitas dan kesehatan komoditas yang ada di pasar tersebut. "Sehingga seluruh warga Jakarta yang mengonsumsi ikan tidak hanya mendapatkan ikan yang berkualitas, tapi juga segar dan tanpa formalin. Inilah terus yang akan kita tingkatkan bersama," terang Wagub Ariza.

Pembangunan ini juga merupakan bentuk keberpihakan pemerintah pada masyarakat kecil, khususnya pedagang ikan dan para nelayan. "Semua mendapat kesempatan yang sama, kesempatan yang luas. Insya Allah akan meningkatkan kualitas dan tentu pendapatan bagi para pedagang. Dan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kegiatan para nelayan," pungkas Wagub Ariza.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut Wagub Ariza juga didampingi oleh Walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko; beserta Wakilnya Ali Maulana Hakim. Kemudian, turut serta dihadiri oleh Kasudin KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto; Kepala UP3 Muara Angke, Mahad; Camat Penjaringan, Devika Romadi; serta Lurah Pluit, Ahmad Rosiwan.
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Kelautan, Perikanan & Peternakan
Download