SIARAN PERS
PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
(Press Release)

SOFT LAUNCHING RUMAH BUDAYA KSBN, WAGUB ARIZA BERHARAP JAKARTA BERKEMBANG MENJADI KOTA PERADABAN DUNIA

Minggu, 13 September 2020

Jakarta Timur -
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meresmikan Rumah Budaya Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN), Bampu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, pada Minggu (13/9). Peresmian dilakukan dengan pemotongan tumpeng dan pita secara simbolis bersama Ketum KSBN Mayjend TNI (Purn) Handardji Soepandji dan Sekjend KSBN, Enny Supriati Sudiyarso.

Dalam sambutannya, Wagub Ariza berharap KSBN mampu memberikan kontribusi terhadap predikat Kota Jakarta sebagai pusat barometer budaya di Indonesia. Selain itu, kebudayaan di Jakarta juga diharapkan dapat berkontribusi dalam membangun peradaban dunia.

"Hal yang paling luar biasa sesungguhnya, Indonesia memiliki banyak seni budaya yang luar biasa beragam, dan keberagaman perbedaan kita menjadi keberkahan dan kekayaan tersendiri sebagai sebuah bangsa. Jadi seni budaya ini pasti menjadikan kebanggaan kita sebagai sebuah bangsa menambah percaya diri bangsa," ujar Wagub Ariza.

Wagub Ariza juga turut menyatakan perkembangan dan kemajuan Jakarta saat ini makin bergerak dinamis. Karena tidak hanya menjadi pusat pertemuan seluruh aspek kehidupan berbangsa, tetapi juga telah melangkah dan berbenah menjadi salah satu ‘Kota Peradaban Dunia’ tanpa kehilangan jati dirinya.

"Jakarta sebagai kota yang menyimpan begitu banyak warisan sejarah, juga memiliki daya tarik dengan aneka warisan lokal seni budaya yang beraneka ragam seperti Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa dan Seni Teater, termasuk aneka kuliner khas yang dapat menjadi daya tarik dan daya pikat destinasi wisata," tambah Wagub Ariza.

Di samping itu, Wagub Ariza juga tidak lupa mengapresiasi peran Ketum KSBN, Mayjend TNI (Purn) Handardji Soepandji yang rela berkorban untuk menyumbangkan baik materi dan non materi untuk menjadikan kediamannya sebagai pusat kebudayaan nasional sebagai landasan berdirinya KSBN. Sekaligus wujud kepeduliannya untuk keberlangsungan aktivitas budaya di Jakarta.

"Saya banyak banyak belajar dengan beliau, terima kasih telah menginspirasi kita semua untuk terus memupuk, menjaga, mengawal, dan memelihara seni budaya bangsa seni yang kita miliki, sebagai sebuah bangsa Indonesia yang sangat luar biasa. Kami tentu sangat bangga atas gagasan ide dan perjuangannya, mudah-mudahan ini menjadi pahala keberkahan dan kebanggaan bagi generasi muda sebagai penerusnya," tandas Wagub Ariza.

Sementara itu, Ketum KSBN Mayjend TNI (Purn) Handardji Soepandji menjelaskan sejak berdiri pada 2017, KSBN terus bertransformasi untuk bisa berkembang. Dari semula hanya sebagai tempat sanggar tari bagi masyarakat sekitar, berkembang menjadi episentrum jenis kebudayaan yang ada di seluruh nusantara.

"Bahkan pernah tampil ke luar negeri seperti; Rumania, Amerika Serikat, Mesir, Aljazair, Maroko, Filipina, Kroasia, dan beberapa daerah di Eropa Timur. Di sana kami menampilkan berbagai tarian dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Papua yang semuanya diproduksi di rumah ini. Semoga Rumah Budaya ini tetap kokoh berdiri setelah diresmikan, dan menjadikan Jakarta sebagai barometer pengembangan kebudayaan nusantara di tanah air," pungkas Handardji Soepandji.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekjend KSBN, Enny Supriati Sudiyarso; Wakil Wali Kota Jaktim, Hendra Hidayat; Kadisbud Provinsi DKI Iwan Henry Wardhana; Ketum Pewarnaan Alam Indonesia Mira Widiyono; serta Ketua Mitra Seni Indonesia, Sri Harmoko.
Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta
Twitter
:
Facebook
:
Instagram
:
Topik : Pariwisata & Kebudayaan
Download